Asal Omong, Ya?!

Yang bener, nih?

Beton Ringan

with 61 comments

<b>Beton ringan aerasi</b>

Teknologi material bahan bangunan berkembang terus, salah satunya beton ringan aerasi (Aerated Lightweight Concrete/ALC) atau sering disebut juga (Autoclaved Aerated Concrete/ AAC). Sebutan lainnya Autoclaved Concrete, Cellular Concrete, Porous Concrete, di Inggris disebut Aircrete and Thermalite.

Beton ringan AAC ini pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan. Beton ringan AAC ini kemudian dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman di tahun 1943. Hasilnya, beton ringan aerasi ini dianggap sempurna, termasuk material bangunan yang ramah lingkungan, karena dibuat dari sumber daya alam yang berlimpah. Sifatnya kuat, tahan lama, mudah dibentuk, efisien, dan berdaya guna tinggi. Di Indonesia sendiri beton ringan mulai dikenal sejak tahun 1995, saat didirikannya PT Hebel Indonesia di Karawang Timur, Jawa Barat.

<b>Proses beton aerasi</b>

Pembuatan beton ringan ini pada prinsipnya membuat rongga udara di dalam beton.

Ada tiga macam cara membuat beton aerasi. Pertama yang paling sederhana yaitu dengan memberikan agregat/campuran isian beton ringan. Agregat itu bisa berupa batu apung, <i>stereofoam</i>, batu alwa, atau abu terbang yang dijadikan batu.

Cara kedua dengan menghilangkan agregat halus (agregat halusnya disaring. Contohnya debu/abu terbangnya dibersihkan). Cara ketiga meniupkan atau mengisi udara di dalam beton. Cara ketiga ini terbagi lagi menjadi secara mekanis dan secara kimiawi.

Proses pembuatan beton ringan atau <i>autoclaved aerated concrete</i> secara kimiawi kini lebih sering digunakan.

Sebelum beton diproses secara aerasi dan dikeringkan secara <i>autoclave</i>,dibuat dulu adonan beton ringan ini. Adonannya terdiri dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit <i>gypsum</i>, air, dan dicampur alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran.

Adonan beton aerasi yang masih mentah ini, kemudian dimasukkan ke <i>autoclave chamber</i> atau diberi uap panas dan diberi tekanan tinggi. Suhu di dalam <i>autoclave chamber</i> sekitar 183 derajat celsius. Hal ini dilakukan sebagai proses pengeringan atau pematangan. Kenapa tidak dijemur saja? Kalau adonan ini dijemur di bawah terik matahari hasilnya kurang maksimal karena tidak bisa stabil dan merata hasil kekeringannya. (ada gambarnya)

<b> Rongga udara dari reaksi kimia</b>

Saat pencampuran pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit <i>gypsum</i>, air, dan dicampur alumunium pasta ini terjadi reaksi kimia. Bubuk alumunium bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada di dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen. Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung udara di dalam campuran beton tadi. Gelembung-gelembung udara ini menjadikan volumenya menjadi dua kali lebih besar dari volume semula. Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfir dan langsung digantikan oleh udara. Nah, rongga-rongga udara yang terbentuk ini yang membuat beton ini menjadi ringan.

Meskipun hidrogennya hilang, tekstur beton tetap padat tetapi lembut. Sehingga mudah dibentuk balok, atau palang sesuai kebutuhan. Untuk membentuknya adonan cukup dipotong dengan kawat sesuai ukuran yang diinginkan. Selanjutnya, dimasukkan ke dalam <i>autoclave chamber</i> selama 12 jam. Selama proses pengerasan ini berlangsung, saat temperatur mencapai 190 derajat celsius, dan tekanannya mencapai 12 bar atau 174 psi, pasir kwarsa bereaksi dengan kalsium hidroksida menjadi kalsium hidrat silika. Pada proses ini menentukan kekuatan atau kekerasan beton aerasi.

Setelah keluar dari <i>autoclave chamber</i>, beton ringan aerasi ini sudah siap digunakan sebagai konstruksi bangunan. Jika ditimbang beton ringan aerasi yang sudah jadi ini 80 persen bobotnya adalah udara. Meskipun berupa rongga udara, beton ringan aerasi dapat menahan beban hingga 1200 psi.

<b>Satu adonan bisa apa saja</b>

Dengan kehadiran AAC menciptakan sistem membangun yang menyeluruh dan lengkap. Singkatnya sebuah gedung atau rumah dari pondasi hingga ke atap cukup satu material saja yaitu beton AAC. Hal ini tak lepas dari keserbabisaan material ini yang mudah dibentuk.

Produk AAC bisa berupa batu bata beton, panel dinding, lintel (balok beton), panel lantai, atap, serta kusen atau ambang pintu dan jendela. Beberapa produk ada yang diperkuat lagi dengan ditanamkan besi beton di dalamnya. Salah satu contoh untuk panel dinding atau panel lantai.

Dengan memanfaatkan semua produk AAC ini dapat membuat struktur bangunan sekaligus. AAC mempermudah proses konstruksi, membangun rumah atau gedung seperti bermain LEGO (permainan menyusun balok kubus) saja.

Ukuran beton ringan aerasi ini sangat akurat, sehingga meminimalkan sisa-sisa bahan bangunan yang tak terpakai. Misalnya untuk membentuk dinding rumah, pada sudut dinding ini sisi-sisi batu bata beton bisa saling mengisi mengikuti pola geometri tertentu, tak perlu memotong atau tiang cor untuk pengikat dinding. Untuk pemasangan panel dinding atau panel atap ada plat besi yang dirancang untuk mengikatnya dengan paku <i>fischer</i>.

Beton AAC tak sekuat beton konvensional. Perbandingannya hanya 1/6 dari kekuatan beton konvensional, sehingga perlu perlakuan khusus untuk digantungi benda yang cukup berat misalnya wastafel, lemari atau blok kitchen set. Dengan menggunakan paku <i>fischer</i> jenis tertentu benda-benda yang cukup berat tadi tetap dapat kokoh tergantung. Beton AAC dijamin tidak ambrol.

Batu bata beton AAC ini perlu perekat semen. Bisa dengan semen biasa, tetapi untuk hasil yang maksimal ada semen khusus yang memiliki daya rekat yang lebih tinggi, contohnya <i>Prime Mortar</i>. Hanya perlu sedikit semen untuk merekatkan. Cukup 2-3 mm saja. Untuk hasil akhirnya dinding dilapisi lagi dengan plester semen tipis.

<b>inbok</b>

Inbok 1

Bahan bangunan yang memudahkan Safety, kenyamanan. Bisa faktor kriminal atau kebakaran.

  1. Balok AAC mudah dibentuk. Dengan cepat dan akurat dipotong atau dibentuk untuk memenuhi tuntutan dekorasi gedung. Alatnya cukup menggunakan alat pertukangan kayu.
  2. Karena ukurannya yang akurat tetapi mudah dibentuk, meminimalkan sisa-sisa bahan bangunan yang tak terpakai.
  3. AAC mempermudah proses konstruksi. Untuk membangun sebuah gedung dapat diminimalisir produk yang akan digunakan. Misalnya tidak perlu batu atau kerikil untuk mengisi lantai beton.
  4. Bobotnya yang ringan mengurangi biaya transportasi. Apalagi pabrik AAC dibangun sedekat mungkin dengan konsumennya.
  5. Karena ringan, tukang bangunan tidak cepat lelah. Cepat dalam pengerjaan.
  6. Semennya khusus cukup 3 mm saja.
  7. mengurangi biaya struktur besi sloff atau penguat.
  8. mengurangi biaya penguat atau pondasi
  9. waktu pembangunan lebih pendek.
  10. tukang yang mengerjakan lebih sedikit
  11. sehingga secara keseluruhan bisa lebih murah dan efisien

Inbok 2

Kelebihan AAC

  1. Tahan panas dan api, karena berat jenisnya rendah.
  2. Kedap suara
  3. Tahan lama kurang lebih sama tahan lamanya dengan beton konvensional
  4. Kuat tetapi ringan, karena tidak sekuat beton. Perlu perlakuan khusus. dibebani AC menggunakan fisher FTP, Wastafel fisher plug FX6/8, panel dinding fisher sistem injeksi.
  5. Anti jamur
  6. Tahan gempa
  7. Anti serangga
  8. Biaya perawatan yang sedikit, bangunan tak terlalu banyak mengalami perubahan atau renovasi hingga 20 tahun.
  9. nyaman
  10. aman, karena tidak mengalami rapuh, bengkok, berkarat, korosi.

Beda AAC yang baik

  1. Presisi
  2. Tidak mudah patah. Sisa material tidak banyak
  3. proses kimia sempurna. Buktinya tidak tenggelam jika dicemplungkan sampai kapanpun
  4. kalau kurang bagus bisa langsung tenggelam bisa seminggu.
  5. paling panjang 6 meter.

Perawatan:

  1. 70% AAC berpori tetapi masing-masing pori independen sehingga tidak menyerap air
  2. tetap harus diplester

untuk anak tangga:

sangat mudah, tidak perlu balok penumbuk. Cukup dijepit diiding ACC, tak perlu pondasi khusus sepanjang lantai beton.

Written by wijoseno

September 22, 2008 at 5:51 am

Posted in Uncategorized

61 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ASSALAM
    THANKS FOR YOUR INFORMATION

    I AM STUDENT IN ITS SURABAYA DEPT OF CHEMICAL ENGINEERING
    NOW.. I AM OBSERVING LIGTHWEIGTH CONCRETE
    USING POLYMER AS A FILLER

    REVI

    October 13, 2008 at 8:08 am

    • Boleh itu Bro , kita berbagi informasi.

      ngomong ” Plant manager sini orang TK 28 lho ……

      Please email saya , nanti ngobrol ttg bata ringan

      edhi purwanto

      October 24, 2013 at 7:02 am

  2. makasih ilmunya. bisa ga buat hebel tapi secara manual spt buat batu bata.? mungkin bisa lebih murah… kebetulan di daerah saya banyak pengrajin batu bata. siapa tahu bisa jadi peluang usaha. trims infonya

    dheny

    October 18, 2008 at 2:47 am

    • Mohon ijin memberikan penawaran Foam Best-AG1 sebagai Additive untuk pembuatan Batu Bata Aerasi.

      Kemasan dalam drum plastik 25 kg dan 50 kg.

      Salam,
      Wibowo
      087877737518; 02199105782
      E-mail: agwibowo@yahoo.com; mywibowo@gmail.com

      Wibowo

      August 4, 2011 at 10:43 am

      • bisa email saya katalog produk dan harganya? Boleh beli 1 drum plastik 25 kg dulu?
        Endro Nusianto email endronusianto@yahoo.com

        endronusianto

        April 5, 2014 at 2:09 pm

  3. kalo boleh tau,apa sudah pernah buat?kebetulan didaerah kami diperlukan tenaga kerja yang bisa membuat ini.terimakasih

    kris

    October 23, 2008 at 6:53 am

  4. terimakasih banyak ya maz…….
    ini semua pelajaran / ilmu yang bermanfaat
    sekali lagi terima kasih.
    klu bisa detail proses cetaknya juga di kasi tau…… he
    makasih……makasih…….makasih……

    wira

    October 28, 2008 at 8:13 am

  5. trims atas semua informasi yang sudah diberikan….semoga bermanfaat bagi semua…

    Vandy

    November 13, 2008 at 8:34 am

  6. ngomong2 dimana ya belinya serbuk alumunium?
    pa bener wat beli serbuk alumunium tu ijinx susah?
    thx…..

    dhi

    February 11, 2009 at 2:56 am

    • saya ada jual serbuk aluminiumnya pak, bapak bisa menghubungi saya di nomor 087839723526 TQ

      david

      February 9, 2012 at 4:32 pm

      • alamatnya mna ya pak

        gangguan

        May 30, 2012 at 2:42 pm

  7. info lengakap & teknologinya bisa di dapat di mana ya?
    tahx infonya…

    donny

    February 13, 2009 at 2:56 am

  8. waktu itu saya datang ke hebel indonesia

    wijoseno

    February 13, 2009 at 4:08 am

  9. saya bisa bikin aac, sekarang lagi kerja di salah satu pabrik aac, contact ok kalo perlu orang

    endang

    March 3, 2009 at 7:50 am

    • @endang sy berminat dengan produksi aac, dimana sy bs contact anda?

      wirianto

      November 27, 2009 at 6:36 am

    • saya berencana untuk membuat pa

      yusup andreansyah

      September 30, 2010 at 12:37 pm

    • saya berencana untuk membuat pabrik hebel di cirebon untuk itu saya membutuhkan tenaga ahli yang bisa membuat hebel mungkin bapak bisa membantu tentu saja dengan cara kerja sama yang profesional dan proporsional no kontak hp saya 081324502949

      \

      \\

      yusup andreansyah

      September 30, 2010 at 12:44 pm

      • gmn mas, sudah dapat tenaga ahli untuk membuat bata ringan??

        david

        April 19, 2011 at 8:38 am

    • pak. saya berminat untuk berinvestasi di produksi AAC. apakah saya bisa tahu cara pembuatan bata ringan? dimana saya bisa hubungi bapak? terimakasih.
      email saya di kokoa52@yahoo.co.id

      koko aribowo

      January 13, 2011 at 8:12 am

  10. Isi pembahasannya menarik, nyambung dg ilmu yg sy peroleh. Adakah cara alternatif pembuatan beton ringan dg bahan atau material lokal maupun pemanfaatan bahan limbah seperti styrofoam untuk membuat bata beton sebagai usaha untuk industri kecil

    wancik

    June 8, 2009 at 4:17 am

  11. Ass. sekedar info aja. th 1999 sy mbuat tugas akhir dengan judul “PENAMBAHAN SERBUK ALUMUNIUM PADA ADUKAN BETON” apa yg trjd? dasyat… sy kaget n teman2 sy jg.. krn tabung silinder baja jd PANAS dan adukan mengembang terus smape skitar 3 jam.. di esok harinya hasil cetak sy rendam air trnyata gelembung2 terus keluar dr beton sampe 2 hari..

    budi santoso

    November 21, 2009 at 10:41 pm

    • hasilnya gimana mas? makin kuat,makin hemat atau malah gagal struktur??????

      doni

      January 3, 2011 at 9:34 am

  12. artikel ini sangat luar biasa…..Semoga para insiyur bisa turun ke lapangan untuk membuat hal ini menjadi lebih nyata dan bisa diaplikasikan di masyarakat

    budi nedyo

    December 10, 2009 at 1:09 pm

  13. Sy butuh informasi lanjut untuk di aplikasikan, informasi dimana dapat kami beli berbentuk barang jadi ?

    Yudhi Tirtayana

    January 12, 2010 at 9:12 am

  14. Maaf Mas, dimana Sy bisa beli Almunium Pasta? Klo boleh Sy mau ketemu dgn Mas A B Wijoseno utk belajar cara membuat batu bata Hebel. Sy mau produksi di Padang (SUMBAR) agar bisa bantu korban gempa. Tks

    Jonedi

    January 24, 2010 at 2:18 am

  15. saya tertarik untuk buat beton ringan mohon info detil, terimakasih.

    winwi

    April 29, 2010 at 2:37 pm

    • punteun kang .. ?? kesiangan euy..???
      kami menawarkan cara pembuatan beton ringan yang mudah dan murah.
      karena sistem yang kami terapkan NACC/CLC , jadi proses pengeringannya tanpa menggunakan open.
      warna putih kualitas se ‘KELAS HEBEL’ .

      peralatan :
      ~ pompa air
      ~ molen/mixer
      ~ kompressor
      ~ moulding

      . bahan dasar :
      ~ pasir
      ~ semen
      ~ CaCo3
      ~ H2O / air
      ~ Foam agent

      .harga produksi per bata ringan : ukuran 7,5 x 20 x 60 cm , berat 7,5 kg@ Rp 4600 , H.p. Rp 7000 per Bata.
      proses pengiriman 7hari .

      jika anda berminat hub. / e-maiL :
      ~ 087870969707 ( landi )
      ~ e-maiL : joker.bgd50@yahoo.co.id

      BOGOR INDONESIA.

      Landi kurt

      September 25, 2011 at 11:00 am

  16. Dear Mas,
    Mohon info, perlu biaya minimal berapa untuk membuat usaha bata hebel produksi rumahan di daerah saya?
    apkah pasir kuarsa bisa diganti dengan pasir pantai yg berwarna putih..

    Permana

    May 6, 2010 at 2:16 pm

  17. Saya sedang mempersiapkan pembangunan pabrik CLC didaerah saya. Kira2 siapa yang tertarik utk bekerjasama investasi dengan bahan baku lokal spt.pasir pozzolan,fly ash, perlite. Produksi perhari diharapkan lk. 500-1000 bata per hari. Dengan teknologi yang well prooven seperti Neopor System misalnya.

    TAUFIK RUSDI

    May 11, 2010 at 1:45 pm

    • di daerah mana ya? teknologi saat ini berkembang pesat. kalau flyash nya banyak, ada teknologi lain yg dapat di terapkan.

      Riv

      July 4, 2011 at 2:54 pm

  18. Dear all,

    saya sangat tertarik dengan bisnis batu AAC ini,
    terus terang saya sedang mempelajarinya,
    dan berniat investasi sebuah usaha untuk memproduksi batu AAC.
    pls hubungi saya segera di : dymlos_william@yahoo.com

    thanks

    William

    July 27, 2010 at 8:19 am

  19. cakep deh… matur nuwun infonya
    salam

    AdS

    August 10, 2010 at 9:22 am

  20. yth bapak wijoseno,

    saya juga tertarik dan ingin mengembangkan produk ini. yang ingin saya tanyakan ke bapak berapa komposisi perbandingan bahan2 tersebut? ( pasir kwarsa : semen : kapur :gypsum : air : aluminium pasta ) dan dimana saya bisa membeli aluminium pasta ? seandainya produk aac ini dibuat secara rumahan ( pabrik kecil ) apa memungkinkan?

    terima kasih

    edy

    January 30, 2011 at 3:20 am

  21. Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • Bahan- Bahan Fiber Glass {Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL} ﹑

    • Pasta Sablon Rubber Color & White ﹑

    • Pasta Sablon NF﹑

    • Pasta Tinta Warna Kertas & Plastik ﹑

    • Alumunium Pasta ﹑

    • Pigment Sablon Water Base ﹑

    • Binder﹑

    • Mirror Glaze {WAX} ﹑

    • Non Terpin ﹑

    • Lycal 1011 ﹑

    • Silicone Emulsion {Semir Ban}﹑

    • Silicone Rubber {Silicone Cetak}﹑

    • Silicone Oil ﹑

    • Glitter ﹑

    • Bubuk Mutiara Bunglon ﹑

    • Bubuk Mutiara Silver ﹑

    • Kaneka ﹑

    • Bronze Powder {Bubuk Mas} ﹑

    • DOP ﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • Phosfor ﹑

    • Effect Pigments ﹑

    • Xilarix ﹑

    • Pembersih Rumah Tangga ﹑

    • Keperluan Laundry ﹑

    Dan Lain – lain

    ————————————————


    Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
    JL. Ngagel Jaya Selatan 95
    (samping supermarket BILKA)
    Surabaya

    Coordinates : 7°17’37″S 112°45’21″E

    Telephone ☎ : 031 – 60 31 70 07

    http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai & Eceran.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    NB: Minimal pengiriman bahan cair ke Luar Pulau, 35KG.

    Jaya Kimia

    April 25, 2011 at 6:52 am

  22. Enam tahun terakhir ini saya bekerja di salah satu perusahaan property terbesar di cirebon.. Jika ada yg berminat untuk kerjasama pemasaran, aplikasi maupun produksi di wilayah cirebon.. bisa kita bicarakan kemungkinannya.. Contact : Henrypek@hotmail.com

    henry pek

    April 25, 2011 at 6:15 pm

    • Perkenalkan ,,kami pak amin wahyudi,,22 th di bataringan,, mulai dr celcon blok, powerblok,indoblok sampai sb con di semarang,, saat ini saya punya pabrik sendiri primablok di boyolali, yg berminat kerjasama kami siap bantu dan bisa tinjau lgsg ke pabrik kami, utk skala besar AAC atau skala kecil CLC, mulai layout pabrik, setting mesin, formulasi, marketing , kami siap bimbing sampai sukses,, email di amienwhy@yahoo.com,, CP 08159272777

      Tn. amin wachyudi

      June 16, 2012 at 7:18 pm

  23. Saya sangat tertarik dgn hebel pak dan mau mencoba membuatnya sendiri, klo boleh saya tanya bahan2 nya itu apa aja dan perbandingannya brp per jenis bahan?? terimakasih sebelumnya.

    fusanto

    May 15, 2011 at 5:43 pm

  24. Perbedaan beton biasa sengan beton ringan ada banyak salah dua diantaranya adalah :
    1. Expanding process, yaitu pada saat cetak; panas hasil reaksi CaO dengan air bereaksi dengan aluminium yang kemudian menghasilkan gas H2 sehingga terjadi pengembangan, dan berpori

    2. Curring process, yaitu hanya 12 jam saja berbeda dengan beton biasa yang mengenal umur 28 hari- proses curring dilakukan dengan steam 11 bar didalam autoclave yang hanya 11 jam, sehingga material dasar CaO, Pasir, Semen, Gypsum berubah menjadi bahan lain yaitu tobermorite ( Calcium Sylicate Hydrate ).

    Sehingga masih sulit untuk bisnis rumahan, ada pun jika ingin meminimalisir biaya pembuatan pabrik dapat memilih mesin2 produk china..

    Pemanfaatan limbah terbaik adalah Fly Ash karena dalam kandungannya masih mengandung Silica dan Calcium sehingga dapat mensubtitusi penggunaan pasir silica.. selain reduce production cost.. juga green environment oriented karena mengconversi limbah B3 menjadi bahan bangunan.

    Saya sudah 10 tahun menekuni AAC dan harapan saya Indonesia berubah menggunakan AAC dengan harga yang terjangkau terutama masyarakat menengah kebawah

    camp

    May 23, 2011 at 6:46 am

    • saya tertarik dengan AAC ini pak. bisa bantu saya untuk perincian kasar peralatan dan mesin yg dibutuhkan untuk membuat AAC ini. thx irwan. 08119781168

      irwan

      July 17, 2011 at 2:39 pm

    • Yth. Bapak Camp dan Bapak Bapak yang lain dan sama sama tertarik dengan ACC, Saya sangat tertarik dengan ACC apalagi kalo bisa dikerjakan dengan skala home industri. Bolehkah saya diberi informasi mengenai teknologi ACC ini? Trimakasih atas bantuannya. Contact saya di w.wedy@yahoo.co.id

      wedy

      August 17, 2011 at 1:11 pm

    • Boleh dong
      Sharing ilmunya, sayalatar belakang di semen.
      berencana membuat hooe industri kecil kecil CLC atau AAC .
      di no Hp berapa Pak saya bisa kontak Bapak ?
      Atau email juga boleh.

      Best regards

      Edhi Purwanto

      elly.ratnawati@yahoo.com

      edhi purwanto

      October 24, 2013 at 8:44 am

  25. boleh tahu lebih lanjut komposisi pembuatan hebelnya?
    contact me cloudzz_74622@hotmail.com

    hendra

    June 2, 2011 at 2:18 pm

  26. Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • Bahan- Bahan Fiber Glass {Resin, Catalist, Cobalt, Mat, WR, DLL} ﹑

    • Pasta Sablon Rubber Color & White ﹑

    • Pasta Sablon NF﹑

    • Pasta Tinta Warna Kertas & Plastik ﹑

    • Alumunium Pasta ﹑

    • Pigment Sablon Water Base ﹑

    • Binder﹑

    • Mirror Glaze {WAX} ﹑

    • Non Terpin ﹑

    • Lycal 1011 & Lycal 1079 ﹑

    • Silicone Emulsion {Semir Ban}﹑

    • Silicone Rubber {Silicone Cetak}﹑

    • Silicone Oil ﹑

    • Glitter ﹑

    • Bubuk Mutiara Bunglon ﹑

    • Bubuk Mutiara Silver ﹑

    • Kaneka ﹑

    • Bronze Powder {Bronze Mas / Bubuk Mas} ﹑

    • DOP ﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • Phosfor ﹑

    • Effect Pigments ﹑

    • Xilarix ﹑

    • Pembersih Rumah Tangga ﹑

    • Keperluan Laundry ﹑

    Dan Lain – lain

    ————————————————

    »» ✉
    Ngagel Jaya Kimia / Jaya Kimia
    JL. Ngagel Jaya Selatan 95
    (samping supermarket BILKA)
    Surabaya

    »» Coordinates : 7°17’37″S 112°45’21″E

    »» Telephone ☎ : 031 – 60 31 70 07

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai & Eceran.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    NB: Minimal pengiriman bahan cair ke Luar Pulau, 35KG.

    Jaya Kimia Surabaya

    June 17, 2011 at 5:30 am

  27. slmt sore Pak Wijoseno,
    Saya tertarik untuk usaha pembuatan batu AAC, bapak dapat dihubungi dimana….,
    apakah dapat dibuat secara kecil-kecilan (home industri).
    Saya dapat dihubin di 0812 938 1787. Agus

    Terima kasih.

    agustinus

    July 1, 2011 at 8:41 am

  28. Slmt Sore Pak Wijoseno,
    Kira-kira berapa investasi jika mau membuat batu ACC,sekala kecil dan dgn mesin buatan china
    terima kasih

    agustinus

    July 1, 2011 at 8:52 am

    • mahal bos, untuk sekedar informasi hebel yang menggunakan mesin dari jerman ajah perkiraan menghabiskan dana krang lebih 80M untuk mesin, sedangkan poweblok yang menggunakan sebagian mesin dari cina biayanya saja kurang lebih 60M.

      ewin

      July 14, 2012 at 12:09 pm

    • jangan kawatir bos saya bisa bantu.untuk buat aac.beberapa peralatan bisa saya adakan misal:autoclave,mixer horizontal kavasitas 1m3.hub saya

      zam

      June 27, 2013 at 11:39 pm

  29. saya tertarik dengan AAC ini pak. bisa bantu saya untuk perincian kasar peralatan dan mesin yg dibutuhkan untuk membuat AAC ini. thx
    Irwan.
    08119781168.

    irwan

    July 17, 2011 at 2:40 pm

  30. saya sangat tertarik dengan AAC, tetapi yg perlu saya tahu :
    1. berapa biaya mesin tsb, (manual cetakan atau pakai mesin potong) untuk kapasitas diatas 1000 per hari
    2. bahan baku apa saja
    3. persentase reject atau produk gagal
    3. biaya operasional
    4. harga jual

    karena setelah produksi adalah hal pemasaran :
    1. pengangkutan dr produksi ke pembeli
    2. harga jual yg cukup kompetitif
    3. biaya karyawan yg terus meningkat

    apakah bapak ada data tsb? dan bpk bs mensupply mesin tsb? dan ada pelatihan?

    Terima kasih.

    Irwan
    08119781168
    021-68007118
    021-93550168
    irwanong@gmail.com

    irwan

    July 17, 2011 at 2:50 pm

  31. Sangat berminat dangan usaha ini tapi susah mendapatkan bahan almunium pastanya…

    Tarjani

    August 15, 2011 at 11:58 am

  32. Saya berharap ada pabrik AAC di Bandung………….. Kalau bapak2 ada yang buat….. hubungi saya… http://www.facebook.com/climber.gus

    agus

    October 6, 2011 at 8:23 am

  33. Dalam waktu dekat ini saya akan mempersiapkan buka usaha bata ringan CLC tp kwalitas tdk jauh dari AAC, karena di produksi dng sklala home industri ditambah beberapa referensi yg saya dapat saya menjadi ragu2 dlm rencana usaha ini

    Apabila ada yg bisa memberi referensi atau kunjungan proses ke salah satu pabrik lagi yg msh operasional tentunya saya msh minat ( tentunya ada kompensasi trainning fee )

    Terima Kasih

    Listiyo

    November 25, 2011 at 3:45 am

  34. ada yg ingin usaha pembuatan bata hebel… saya memiliki formula dan menyediakan alat produksinya.. siapa yg berminat bisa hubungi saya di 085711819119 (fadli) jakarta

    fadli

    December 23, 2011 at 5:42 am

  35. »» ✉
    N. JAYA KIMIA {NJK}
    JL. NGAGEL JAYA SELATAN 95
    [SAMPING SUPERMARKET BILKA]
    SURABAYA – JAWA TIMUR

    »» Coordinates :
    7°17’37″S 112°45’21″E

    »» Telephone ☎ :
    031 – 60 31 70 07 [INDOSAT]
    085334 660006 [TELKOMSEL]
    NO SMS, CALL ONLY.!

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai (Grosir) & Eceran Dangan Jumlah Tertentu.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    MINIMAL PENGIRIMAN BAHAN CAIR: 35 KG.

    - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - -

    Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • ALUMUNIUM PASTA {Katanya salah satu bahan untuk membuat BATA RINGAN}﹑

    • SEGALA MACAM BAHAN-BAHAN FIBER GLASS {RESIN, CATALYST, WR, DLL} ﹑

    • Epoxy﹑

    • S.MONOMER﹑

    • PVA & VASELINE﹑

    • PASTA SABLON RUBBER {PASTA KARET} ﹑

    • PASTA SABLON NF﹑

    • PIGMENT WATER BASE ﹑

    • BINDER﹑

    • MIRROR GLAZE {WAX} ﹑

    • GLITTER ﹑

    • LYCAL 1011 & LYCAL 1079 ﹑

    • SILICONE EMULSION {SEMIR BAN}﹑

    • SILICONE RUBBER {SILICONE CETAK}﹑

    • SILICONE OIL {SILICONE BENING}﹑

    • WHITE OIL ﹑

    • BUBUK MUTIARA PERAK & EMAS {Pearlescent Silver & Gold}﹑

    • BUBUK MUTIARA PELANGI & TEMBAGA {Pearlescent Rainbow & Cooper}﹑

    • KANEKA ﹑

    • BRONZE MAS {Bronze Mas / Bubuk Mas} – RICH GOLD & PALE GOLD﹑

    • ANTI FOAM﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • PHOSFOR ﹑

    • EFFECT PIGMENS ﹑

    • XILARIX ﹑

    • PEMBERSIH & SABUN RUMAH TANGGA ﹑

    • KEPERLUAN LAUNDRY ﹑

    • OBAT RAYAP ﹑

    • ANTI JAMUR ﹑

    Dan Lain – lain

    Toko Jaya Kimia Surabaya

    March 20, 2012 at 5:21 am

  36. saya mencari foam agent dan alumunium pasta,, kalau ada yang menjual hubungi saya di 0812 68196774

    JIGA

    August 8, 2012 at 2:29 pm

  37. jual aditive untuk bata ringan clc.
    merk : clc-con.
    kemasan : sachet.
    pemakaian, 1 sachet untuk 1 kubik.
    harga : rp15.000 / sachet

    keuntungan :
    -bata menjadi lebih cepat keras, dan cepat kering
    -stok pile bata menjadi lebih sedikit
    -modal kerja menjadi lebih kecil

    hubungi :
    021-93550168

    irwan

    September 10, 2012 at 2:27 pm

  38. CARA MEMBUAT BATA RINGAN CLC

    Pembangunan rumah, ruko, gudang, kantor, pabrik, mall dll sudah marak belakangan tahun 2010. oleh karena itu kebutuhan akan bata merah juga meningkat tajam. Belakangan ini Bata ringan sudah mulai dikenal dan banyak keunggulannya dibandingkan bata merah. Dari segi kecepatan pengerjaan, sampai segi penghematan biaya.

    Maka belakangan ini banyak bermunculan bata ringan model CLC, dimana investasi yang murah serta cara pembuatan yang cukup sederhana serta dapat di buat di pelosok dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

    Untuk itu jika anda berminat untuk membuat bata ringan. Kami membuka kursus bata ringan rp. 1000.000.

    Keunggulan jika mengambil kursus dengan kami :
    1. dilakukan di pabrik yang beroperasi, bukan skala kecil tapi skala 1m3.
    2. diberitahukan komposisi bahan baku dari bata ringan per 1 m3.
    3. dapat dengan jelas menghitung HPP / modal bata ringan dari per 1m3
    4. dapat melihat design pabrik yang sudah beroperasi
    5. dapat melihat kwalitas bata ringan yang telah di produksi secara langsung.
    6. di ajarkan cara memilih bahan baku : pasir, semen, foam dan aditive yang bagus untuk bata ringan.
    7. diajarkan serta dapat melihat proses produksi dari awal produksi sampai akhir produksi.
    8. diberitahu kendala yang di hadapi jika membuka bata ringan
    9. dapat melihat proses pengiriman dari proses muat barang di mobil sampai mobil yang berisi bata ringan tersebut siap dikirim ke customer.

    JANGAN BUAT PABRIK JIKA BELUM BELAJAR TERLEBIH DAHULU.

    Kami juga menjual :
    1. Foam Agent : rp. 30.000 per liter ( kemasan 20 liter dan drum 200 liter)
    2. Aditive CLC-CON untuk bata ringan : rp. 15.000 per sachet ( min 100 sachet)

    Jika berminat bisa hubungi :

    Irwan
    021-93550168

    Lokasi pabrik : Tangerang.

    irwan

    September 10, 2012 at 2:29 pm

  39. Perbedaan bata ringan AAC vs CLC bisa dilihat di http://bataringan.co.id semoga bermanfaat

    asenity Tirta

    November 23, 2012 at 5:10 am

  40. Apakah saya boleh minta perbandingan takaran dalam pembuatan bata ringan ini?
    Terima kasih.

    michael jayavo

    December 10, 2012 at 5:58 am

  41. Jual Aluminium pasta untuk bata ringan AAC ready stock Tangerang, USD. 7/kg
    Hub : 087880888323/02199660642, Pin BB 326D0168

    Rhiandra Aimee

    September 16, 2013 at 3:35 am

  42. terima kasih mas bro Informasinya buat tambahan referensi
    terima kasih

    utomo

    February 1, 2014 at 12:23 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: