Asal Omong, Ya?!

Yang bener, nih?

Snowman

leave a comment »

Orang-orangan Salju

Natal identik dengan pernak-perniknya yang khas, seperti pohon natal, salju, dan snowman atau orang-orangan salju.

Snowman adalah salju yang dibentuk menyerupai bentuk manusia. Biasanya yang membuat orang-orangan salju ini anak-anak. Tetapi tak jarang orang dewasa juga membuat orang-orangan salju ini. Entah kapan dimulainya, orang-orangan salju ini dibuat oleh penduduk yang hidupnya mengalami musim salju. Berdasarkan catatan yang ada dari diary dan catatan sejarah, kira-kira sejak abad pertengahan, orang Eropa mulai membuat orang-orangan salju saat awal musim dingin tiba. Snowman ada di jalan-jalan, sebagai kebiasaan yang umum waktu itu.

Meskipun tampak sederhana saja dan gampang sekali membuat orang-orangan salju ini, perlu waktu yang tepat untuk membuatnya. Orang-orangan salju terbentuk dari bulatan bola salju yang terus digelindingkan menjadi bola salju yang makin lama makin besar. Di siang hari yang hangat sekitar 30 derajat celsius adalah waktu yang tepat untuk membuat orang-orangan salju ini. Karena pada saat ini kondisi salju agak mencair, membuatnya agak lengket dan bisa dibentuk dengan mudah sebelum saljunya mencair benar. Serpihan salju yang dibentuk bola-bola besar ini sebutannya crust.

Selanjutnya setelah bola-bola salju raksasa selesai dibuat, mulai disusun untuk bagian badan dan kepalanya yang semuanya berbentuk bola. Ditumpuk begitu saja menyerupai bentuk manusia. Orang-orangan salju bisa dihias sesuka hati. Bisa menggunakan batu, batang atau ranting kayu, juga sayuran. Biasanya dipasangi wortel untuk dijadikan hidung. Sampai ada yang memasangkan baju, seperti jaket, sweater, topi, scarf, dan selendang supaya tambah cantik dan tidak cepat meleleh.

Hanya saja jarang orang yang rela memakaikan baju pada snowman. Selain bisa hilang diambil orang pakaiannya, ketika snowman mencair sebagian sulit mengambil pakaiannya lagi karena ikut membeku. Hingga saat ini bentuk snowman pun ikut mengalami perubahan dan variasinya dari bentuk asal yang hanya bola-bola salju yang ditumpuk. Snowman yang sekarang lebih mengarah ke patung es. Lebih berbentuk manusia. Plus ditambahi hiasan bentuk patung es yang lain di sekitarnya.

Orang-orangan salju terbesar pernah dibuat di bulan Februari tahun 1999 di Bethel Maine, Amerika Serikat. Nama snowman ini Angus, King of the Mountain untuk menghormati pemerintahan yang saat itu berkuasa. King Angus tingginya 113 feet,7 inchi atau sekitar 35 m. Beratnya kurang lebih 9000.000 pound atau sekitar 4082331,33 kg. Dan, baru 15 minggu kemudian Angus habis mencair.

Tak hanya menjadi hiasan kartu natal, menghiasi halaman rumah, snowman juga dijadikan inspirasi cerita novel, buku anak dan film. Diantaranya film Jack Frost tahun 1998 yang dibintangi Michael Keaton, bercerita tentang seseorang yang mengalami kecelakaan mobil, ketika sadar dirinya berubah menjadi snowman. Buku The Snowman (1978) karangan Raymond Briggs yang bercerita tentang seorang anak yang membuat snowman lantas hidup kemudian mengajaknya ke kutub Utara yang kemudian dianimasikan tahun 1982.

Snowman merupakan bagian dari budaya, simbol kegembiraan musim dingin. Siapa yang pertama kali membuatnya merupakan misteri yang tak terjawab sampai orang-orangan salju ini mencair. Kemudian dibentuk lagi oleh tangan-tangan yang menyambut gembira datangnya musim dingin.

Powered by ScribeFire.

Written by wijoseno

November 8, 2007 at 10:37 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s