Asal Omong, Ya?!

Yang bener, nih?

Senyumnya bikin capek hilang

with one comment

Lihat senyumnya, capek pun hilang

Setelah lelah seharian bekerja, apalagi dipaksa menikmati kemacetan panjang berjam-jam menuju pulang, rasanya hati dan badan terasa lunglai dan loyo. Tetapi ketika membuka pintu rumah dan disambut sunggingan senyum riang si upik, “selamat sore mama…”. Saat itu juga segala capek dan kesumpekan hilang dalam sekejab berganti kebahagiaan.

Rupanya efek dari senyum begitu dahsyatnya. Sampai-sampai seorang psikolog di Universitas Michigan, AS, Dr. Robert Zajone mempelajarinya secara khusus. Menurutnya, menggerakkan otot wajah entah itu mengendurkan atau mengencangkan, membuat temperatur darah yang menuju ke otak berubah naik atau turun. Perubahan suhu darah yang menuju ke otak ini berefek pada kerja pusat otak (hipotalamus) yang mengontrol emosi. Intinya ada hubungan antara ekspresi dan emosi. Maka tak heran jika melihat senyum si upik, segala rasa capek bisa hilang dengan sekejab.

Namun, kalau sepulang kerja sambutan si upik justru tangisan apalagi rengekan kerewelan malah membuat hati tambah senewen saja sepulang kantor. Salah satu sebabnya mungkin kita kurang akrab dengan anak sendiri. Sayang sekali kalau ini memang terjadi. Kekecewaan akan terus terjadi manakala kita semakin menjauh dengan si buah hati. Kata orang bijak, kita bekerja mati-matian pasti untuk membahagiakan orang yang kita cintai, entah itu keluarga dan anak-anak. Segala prestasi yang kita raih, materi jabatan dan apapun itu terasa tak ada artinya kalau orang yang kita cintai justru menjauh. Saatnya untuk selaras membagi waktu untuk orang yang kita kasihi…

 

inbok

Biar tetap dapat senyuman si kecil

Jika suami isteri bekerja, anak dijaga oleh pengasuh. Besar kemungkinan anak akan menjadi sangat dekat dengan pengasuhnya, atau malah menjadi lebih dekat dengan pengasuh dibandingkan dengan ibu atau ayahnya. Tentu setiap orang tua tidak menginginkan hal ini terjadi.

Berikut tips-tips yang mungkin bisa membuat orang tua tetap akrab dengan si kecil:

  • Berusaha untuk meluangkan waktu untuk menidurkan anak setiap malam. Jika pekerjaan di kantor sedang menumpuk, mungkin bisa dibawa pulang ke rumah dan dikerjakan setelah anak tertidur.
  • Luangkan waktu sebanyak-banyaknya di hari libur bersama anak tanpa kehadiran pengasuh. Pasti repot mengasuh anak-anak tanpa pengasuh, apalagi setelah bekerja keras lima hari penuh, akan tetapi hal ini diperlukan demi terciptanya relasi orang tua- anak yang erat.
  • Melakukan aktifitas khusus bagi anak dan orang tua misalkan bersepeda berdua, berenang, membaca buku cerita, atau bermain computer game, yang tidak dilakukan oleh pengasuh.
  • Jika anak sakit, coba untuk mengantarkan ke dokter dan menemani anak istirahat di rumah. Walaupun pengasuh mungkin dapat diandalkan untuk menemani anak, tetapi hubungan emosional akan tercipta jika anak tahu kedua orang tuanya menemani sewaktu ia sakit.
  • Berusaha memberikan sosialisasi yang cukup kepada anak. Misalnya mengunjungi kakek nenek atau saudara. Atau bermain ke rumah teman sekolahnya.
  • Mungkin kedengaran sepele, tetapi seringlah berkomunikasi dengan anak. Walaupun anak Anda belum lancar berbicara, ajaklah ia berbicara dan tanggapi setiap celotehnya.

 

 

 

 

Written by wijoseno

January 11, 2008 at 10:32 am

Posted in Uncategorized

Tagged with

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih dah mampir di blog saya….
    benar seperti mas bimo sampaikan dalam tulisan ini,senyuman memang sesuatu yang ringan tetapi bisa memberikan efek yang besar……namun sayang banyak diantara sudah melupakan itu, padahal dengan senyuman bisa merekatkan silaturahmi, menyenangkan orang lain.Yang terjadi selama ini kadang-kadang jangankan untuk bertegur sapa, senyum aja sudah sangat mahal………

    mirzal tawi

    June 25, 2008 at 7:54 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: