Asal Omong, Ya?!

Yang bener, nih?

Panorama ilmu

leave a comment »

Mikropon bertelinga manusia

Selama ini kita sering melihat mikropon, atau yang biasa disebut dengan mic, berbentuk bulat lonjong dan berwarna hitam. Kini ada mic yang unik dan berbentuk lucu, tepatnya sedikit nyeleneh. Otokinoko, perusahaan di Jepang pembuat Dayon Sound Communicator, yang telah menciptakan mic jenis baru ini.

Mikropon berwarna biru tua dengan replika telinga manusia di kedua sisinya ini tak jelas menggunakan replika telinga siapa. Yang pasti, siapapun akan mengira mikropon ini adalah mainan. Padahal mikropon yang bernama The Otokinoko Binaural Mic ini dilengkapi dengan kemampuan canggih yang tidak biasa.

Microphone Binaural begitu nama teknologinya, mikropon ini bekerja merekam suara dengan meniru cara kerja telinga manusia. Di kedua telinga replika tadi ditanami mikropon kecil. Hasilnya, suara yang ditangkap menjadi lebih jernih seperti keadaan senyatanya, karena memanfaatkan gelombang omni 3D. Jika dibandingkan, kualitas suara yang dihasilkan mikropon bertelinga ini jauh lebih bagus ketimbang mikropon biasa yang hanya mengandalkan teknologi mono atau stereo.

Mikropon ini bisa dipasang pada handycam, atau dipegang begitu saja layaknya mikropon pada umumnya. Harga mikropon unik ini 4000 USD atau sekitar Rp. 40.000.000.
Anda bisa bayangkan bagaimana mimik orang yang diwawancarai dengan mikropon bertelinga ini.
Foto: http://news.softpedia.com/newsImage/A-New-Pair-of-Ears-for-4000-the-Otokinoko-Binaural-Mic-3.jpg
wija/softpedia.com

Lensa kontak Overnight

Lensa kontak pengganti kacamata sudah bukan barang baru lagi. Namun, lensa kontak yang satu ini tak hanya membantu penglihatan, tetapi juga memiliki kemampuan lain yaitu memulihkan kondisi kornea mata ke sediakala hingga 60-70 persen. Sehingga tak perlu kacamata dan lensa kontak lagi. Namanya, Overnight lens.

Bagi pemakai kacamata, kondisi kornea matanya bisa terlalu cembung atau bola matanya terlalu lonjong. Sehingga sinar yang datang tidak tepat pada retina, bisa di depan atau di belakangnya. Dengan tekanan yang sesuai pada mata, dapat mengembalikan bentuk kornea mata ke sediakala. Seperti yang dilakukan lensa overnight ini.

Lensa kontak yang dikembangkan oleh Dr Bart McRoberts di West Vancouver Optometry Clinic, di Kanada kurang lebih setahun belakangan ini, sesuai dengan namanya, dipakainya saat malam hari. Karena fungsinya seperti kawat gigi yang merapikan gigi. Lensa kontak ini merapikan kembali kondisi kornea mata di malam hari saat mata sedang istirahat. Bentuk lensa kontaknya khusus sehingga bisa membentuk kembali kornea mata ke sedia kala.Efek pemakaian lensa ini, selama beberapa minggu pertama pasien yang menggunakannya akan merasa seperti menggunakan gas-permeable contact lense/lensa kontak tembus pandang. Lensa overnight yang terbuat dari plastik ini perlu diganti setiap 2-3 tahun.

“Sebenarnya membentuk kembali kornea mata sudah ada cara lain yaitu pembedahan dengan sinar laser,” ujar Mc Robert. Tetapi kelebihan lensa kontak ini mampu mengembalikan kembali kondisi kornea mata ke keadaan semula setelah dilepas selama dua minggu. Hasil pembedahan dengan laser tidak bisa seperti ini. Sehingga penggunaan lensa kontak overnight ini bisa dijadikan pilihan.

Sayangnya, metode ini hanya cocok untuk pasien yang berkacamata minus 5 atau kurang dari itu. Tidak mengidap diabetes dan sakit mata. “Karena perlu perhitungan yang cermat sebelum melakukan prosedur pemasangan lensa kontak ini,”ujar Mc Robert. Untuk konsultasi dan pemasangannya membutuhkan biaya 1800 USD atau sekitar Rp.16.749.000.

Karena mata jendela dunia, sayangilah dia…
Foto: http://news.softpedia.com/news/Vision-Correcting-Overnight-Lenses-88633.shtml
bimo/softpedia.com

Written by wijoseno

July 8, 2008 at 9:50 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: