Asal Omong, Ya?!

Yang bener, nih?

Kulkas

with one comment

bosch-refrigerator-classic-edition-open1

Kulkas, arti kosa kata ini di kamus Bahasa Indonesia adalah lemari pendingin. Gunanya untuk menyimpan makanan agar tidak cepat busuk.

Kebetulan kulkas di rumah lagi rusak.

Evaporator, tempat yang biasanya untuk bikin es batu, bocor!

Kenapa?

Karena melanggar aturan yang sudah tertulis di lemari es. Jangan mencongkel es dengan pisau!

Akibatnya?

Ya, bocor kena tusuk pisau evaporatornya…

(Bukan saya yang mencongkelnya, siapa yang melakukannya? enggak perlu saya sebutkan, lah…)

Terus,

Kulkasnya enggak bisa dingin.

Kemudian saya tanya ke tukang servis kulkas. Biayanya, sekitar Rp.600an ribu. Ini sudah termasuk ongkos jasa, beli evaporator, beli filter, plus isi freon Rp85.000

Ditimbang-timbang, biaya servis hampir mendekati biaya waktu beli baru. Waktu itu belinya Rp900an ribu.

Jadinya, kan bingung! Mau servis atau beli baru.

Kalau ada uangnya, mendingan beli baru, deh.

Terus,…

Kulkas yang masih keliatan baru itu, karena baru 5 tahunan umurnya…jadi besi tua? Atau dimanfaatkan jadi lemari pakaian atau lemari buku?

Aneh, ah!

Lantas,

Gimana kalau coba-coba betulin sendiri, kayak Mc Gyver, atau Prof.Lang Ling Lung di komik Donal Bebek…

Pagi ini, sebelum sampai ke kantor mampir dulu ke toko alat-alat kulkas. Evaporatornya Rp150 ribuan. Plus isi freon Rp85000. Masih terjangkau, lah! Dengan kata lain bisa lebih irit!

Masalahnya sekarang, bagaimana menyambung pipa evaporator ini?

Katanya, perlu las yang memakai logam kuningan… (alatnya enggak punya)

Ya udah,…

dipikir dulu lagi ajah…

 

 

fotonya:http://homeappliances.files.wordpress.com/2006/11/bosch-refrigerator-classic-edition-open1.jpg

Written by wijoseno

July 22, 2008 at 3:39 am

Posted in Uncategorized

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Murah banget isi freon nya k,kulkas aku juga lgi rusak,tpi gak bocor cuma gak dingin lagi cuma mau ngisi freon biasanya brpa yah k kalo sama tukang servis nya?

    aulia

    March 8, 2016 at 11:39 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: